BLT-DD SOLUSI KETAHANAN EKONOMI

Pemerintah sudah memutuskan Dana Desa akan dialokasikan untuk penanggulangan dampak Covid-19. Sesuai Peraturan Menteri Desa PDTT No 6 tahun 2020 tentang Perubahan Atas Permendesa PDTT 11 tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020 setiap desa bisa mengalokasikan dana desa untuk kegiatan prioritas, satu di antaranya pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Sasaran dari penerima bantuan langsung tunai ini adalah keluarga miskin Non PKH atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), kehilangan mata pencaharian,belum terdata atau memiliki anggota keluarga yang rentan sakit menahun / kronis.

Pendataan calon penerima manfaat bantuan langsung tunai dilakukan oleh Relawan Desa Lawan Covid-19 yang telah di bentuk di desa berbasis Dusun,semua hasil pendataan dibawa ke Musdessus untuk di verifikasi,validasi serta di putuskan untuk di tetapkan sebagai penerima manfaat.

Adapun besaran BLT yang diterima keluarga penerima manfaat adalah sebesar Rp.600.000. per bulan terhitung April, Mei dan Juni. Baru baru ini Kemendes PDTT kembali mengeluarkan Permendes tentang perpanjangan masa penyaluran BLT untuk bulan Juli sampai dengan September dengan besaran Rp.300.0000 per Bulan untuk tiap tiap keluarga penerima manfaat.

Salah satu desa yang mengalokasikan Dana Desa untuk BLT adalah Gampong Teungoh Pirak Kecamatan Matangkuli Kabupaten Aceh Utara, Nifrizal,SP Selaku Geuchik Gampong Mengatakan Untuk Bantuan Langsung Tunai Gampong Teungoh Pirak mengalokasikan Dana sebesar Rp.73.800.000,-  untuk 41 KPM.

“Namun besaran pagu akan ada perubahan seiring perpanjangan masa penyaluran BLT-DD serta adanya KPM yang memilih keluar sebagai penerima BLT-DD karena menerima Bansos dari kementrian lain”ujarnya

Saat ini Gampong Teungoh Pirak telah menyalurkan bantuan langsung tunai sampai dengan bulan juni atau Tahap III.

Warga sangat bersyukur dengan adanya Dana Desa yang di alokasikan untuk bantuan langsung tunai di saat masa pandemi covid-19 sebagai solusi ketahanan ekonomi warga desa, Untuk ini warga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu merealisasikan Penyaluran BLT-DD Desa Teungoh Pirak. Terima kasih Bapak Menteri Desa PDTT, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong dan Tenaga Pendamping Profesional (Tenaga Ahli kabupaten, Pendamping desa/teknik infrastruktur dan pendamping lokal desa).

Salam kemanusian ……

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: