Dana Desa Untuk Padat Karya Tunai Desa ( PKTD )

Jakarta – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengatakan sebanyak Rp 41 Triliun Dana Desa yang masih tersisa akan dimaksimalkan untuk program Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Sebelumnya, Dana Desa fokus menangani Covid-19 dan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

.Sebagaimana dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa angka kemiskinan di desa dalam periode Maret 2019 – Maret 2020 mengalami penurunan hingga 0,03 persen. Berbeda dengan angka kemiskinan di perkotaan yang justru mengalami peningkatan sebesar 0,69 persen pada periode yang sama.

.Menurut Gus Menteri hingga 27 Juli 2020 program PKTD telah menyerap sebanyak 785.845 pekerja laki-laki dan 54.870 pekerja perempuan. Upah kerja yang dikeluarkan dalam PKTD ini berdampak pada daya beli dan pengurangan kemiskinan di desa.

.“Arahan fokus penggunaan Dana Desa untuk PKTD tersebut tertuang pada Surat Edaran Menteri Desa PDTT Nomor 15 Tahun 2020 tentang Padat Karya Tunai Desa dan Pemberdayaan Ekonomi Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)” ujarnya

Lalu apa saja contoh kegiatan PKTD untuk pemberdayaan ekonomi desa melalui BUMDes, yuk simak infografis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: