Pesona Air Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah.

Gardadesa.com – Desa Ponggok di Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Klaten, dewasa ini menjadi sangat terkenal karena pada tahun 2017 dinobatkan pada Expo di Bukit Tinggi sebagai Desa terbaik dalam hal pengelolaan Badan Usaha Milik Desa ( BumDes )

 

Desa ini memiliki banyak sekali contoh usaha bumdes sehinggs pada tahun 2017 itu meraih penghargaan sebagai Desa terbaik menurut versi Kementerian Desa PDTT dalam pengelolaan pemberdayaan masyarakat.

 

Penghargaan tersebut menunjukkan bahwa melalui pengelolaan bersama masyarakat yang baik, suatu program pemberdayaan masyarakat akan efektif dalam mengelola suatu usaha di tingkat desa sehingga hasilnya bisa mendukung usaha ekonomi yang asal sebenarnya sebagai usaha biasa tetapi hasilnya bisa meningkatkan kesejahteraan warga desa karena setiap warga tidak hanya melihat usaha itu berjalan baik tetapi mereka bekerja keras dan konsisten memelihara usaha itu bersama-sama sehingga berhasil dengan baik.

 

Desa Ponggok memiliki Bumdes Tirta Mandiri yang memiliki tiga jenis usaha pengembangan yaitu Umbul Ponggok merupakan wisata air alami digunakan untuk snowkling dan diving dalam kolam alami yang berukuran 50 x 25 yang berasal dari peninggalan zaman Belanda.

Retribusi Umbul Ponggok Diduga Masuk Kantong Pribadi, Sekdes ...

Kolam ini di gunakan sebagai tempat untuk foto prawedding dengan menggunakan kamera underwater atau kamera yang bisa di gunakan di dalam air.

 

Mandiri Kelola Potensi, BUMDes Ponggok Mampu Hasilkan Rp 16 Miliar ...

Yang kedua, Desa Ponggok memililiki Toko Desa Sumber Penguripan, suatu jenis usaha Bumdes berupa toko desa, yang melayani masyarakat desa yang berdiri semenjak bulan juli 2016. Toko ini bertindak sebagai distributor kecil bagi UMKM warga Ponggok yang menjual berbagai kebutuhan rumah tangga baik secara langsung atau melalui warung-warung yang ada di setiap dukuh atau di dalam lingkungan desa.

Toko atau Warung di desa ini melayani Laku pandai dari Bank BNI, yaitu melayani jasa bila ada warga yang ingin menarik uang atau membayar angsuran kredit, dapat dilayani di Warung ini dengan lebih mudah.

 

Toko desa yang bernama “Sumber Penguripan” ini juga bekerja sama dengan Perum Bulog menjadi agen Rumah Pangan Kita (RPK) sehingga mempermudah dalam suplai beras, gula pasir, minyak goreng, tepung,dan bahan lain yang biasa di supaly oleh Bulog di desa.

 

Disamping itu, Desa Ponggoh memiliki Ponggok Ciblon, yang sesuai namanya menjadi tempat untuk “ciblon” atau mandi, tempat anak-anak bermain air sebagai suatu unit usaha Bumdes Wisata Air Umbul Ponggok.

 

Fasilitas ini berbenduk waduk yang pada tahun 2017 masih dalam pengembangan dimaksudkan tempat anak-anak main air dengan ceria.

 

Suatu inovasi perminan yang mendatangkan kegembiraan tetapi sekaligus memberi keuntungan guna meningkatkan kesejahteraan bagi keluarga miskin yang bekerja keras pada fasilitas tersebut. Semoga.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: