Wamendes PDTT RI Mengajak Kaum Milenial Jadi Generasi Penerus Petani di Desa

JAKARTA – Wakil Menteri Desa, Pembangunam Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Budi Arie Setiadi mengajak anak muda Indonesia untuk menjadi generasi penerus para petani di desa. Selain membutuhkan regenerasi, menurutnya sektor pertanian juga menjanjikan secara ekonomi.

Hal tersebut dikatakan saat panen sayur organik bersama Pergerakan Tani Muda Indonesia (PETANI) di Bogor, Jawa Barat, Senin (24/8/2020).

“Saatnya regenerasi pemuda menjadi petani. Anak muda saatnya menjadi petani,” ujarnya.

Ketua Dewan Penasehat PETANI ini mengatakan, masa depan Indonesia bertumpu pada sektor pertanian yang notabene berada di desa. Untuk itu, lanjutnya, keterlibatan anak muda di sektor pertanian sangat dibutuhkan.

“Pertanian itu ada di desa, dan menjadi penopang pendorong ekonomi di Indonesia pasca pandemi covid-19,” ujar Wamendes.

Di sisi lain, Budi Arie meminta para petani untuk tetap semangat dan pantang menyerah dalam memajukan pertanian di desa-desa. Ia meyakini pertanian di desa akan memberikan sumbangsih signifikan terhadap kemajuan ekonomi nasional.

“Saatnya anak muda turun ke desa menjadi petani. Karena pertanian di desalah yang dapat memajukan ekonomi Indonesia,” ujar Budi Arie.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Umum DPP PETANI, Muhammad Risal mengakui, saat ini pertanian telah menjadi sektor strategis di tingkat nasional. Pengembangan sektor pertanian akan berpengaruh besar terhadap percepatan pembangunan perdesaan.

“Sudah saatnya kita sebagai anak muda mulai membuka mata dan kembali ke desa. Kita kembangkan semua potensi-potensi pertanian di desa-desa kita,” ujar Risalah.

Usai melakukan peninjauan pertanian dan panen sayur organik, Budi Arie melanjutkan perjalanan dengan melakukan kunjungan ke Institut Pertanian Bogor (IPB).

Wamendes PDTT Budi Arie meninjau Agribusiness and Technologi Park (ATP) IPB dan berdiskusi tentang pengembangan teknologi pertanian desa dengan Rektor IPB, Arif Satria. (timeindonesia)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: